Kriteria Biaya Daring

Menindaklanjuti hasil konsultasi ke Kemdikbudristek tanggal 03 Juni 2021, kemudian ke Kemendagri tanggal 04 Juni 2021 dan 10 Juni 2021 serta kaji terap ke Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat tanggal 22 Juni 2021 bersama Anggota Komisi V DPRD dan Biro Hukum Provinsi Sumsel, kami sampaikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Rencana Pergub pemberian insentif untuk PTK Honorer tidak disetujui Kemendagri sehingga dialihkan menjadi Pemberian Biaya Pendukung Pembelajaran Daring untuk PTK non ASN di SMAN, SMKN dan SLBN Se-Sumsel, sesuai kriteria berikut ini :
    1. Terdaftar di Dapodik pada Satmikal Jenjang SMAN, SMKN, atau SLBN per tanggal 30 Juni 2021;
    1. Tidak mendapatkan Tunjangan Profesi Guru dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
    1. Pendidik/Guru minimal mengajar 12 (dua belas) jam per minggu pada Satmikal sesuai Dapodik. Untuk guru BK/TIK dan jenjang SLBN jumlah jam mengajarnya dapat diekivalenkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
    1. Tenaga Kependidikan/Tenaga Administrasi Sekolah dan Operator Sekolah sesuai dengan formasi yang dibutuhkan untuk membantu pelaksanaan pembelajaran daring atau mengelola laporan pembelajaran daring atau tugas administrasi lainnya secara daring dibuktikan dengan surat penugasan dari Kepala Sekolah;
    1. PTK non ASN yang merangkap tugas sebagai pendidik (guru) dan operator sekolah atau tenaga kependidikan (tenaga administrasi sekolah) hanya dapat diusulkan untuk salah satu penugasan saja.
  2. Setiap SMAN, SMKN dan SLBN agar mengajukan usul PTK non ASN untuk mendapatkan Biaya Pendukung Pembelajaran daring sesuai kriteria pada point 1 (satu), dengan cara mengirimkan file excel usulan sesuai format kepada Operator MKKS di setiap kabupaten/kota sesuai jenjangnya. Untuk SLBN agar file excel dikumpulkan pada Operator MKKS Provinsi.
  3. Format excel seperti dimaksud pada point 2 (dua) dapat diunduh melalui tautan https://ptksumsel.wordpress.com/2021/06/29/format-excel-biaya-daring/ atau melalui tautan s.id/formatdaring. Apabila masih ada PTK non ASN yang belum punya rekening agar tetap diusulkan, kolom rekening dikosongkan dan segera disusulkan.
  4. Operator MKKS agar merekap format excel yang dikirimkan oleh setiap sekolah menjadi satu file di satu sheet tanpa mengubah formatnya. File gabungan yang sudah lengkap dikirim ke tautan yang diberikan kepada Ketua MKKS melalui Whats App, paling lambat hari Jumat, tanggal 02 Juli 2021.
  5. Tim Verifikator Dinas Pendidikan akan melakukan verifikasi tahap awal terhadap usulan yang dikirimkan dan menyampaikan hasilnya melalui group telegram https://t.me/infoptksumsel untuk dicek lagi oleh setiap kepala sekolah.
  6. Kepala sekolah agar melakukan konfirmasi hasil verifikasi oleh Tim Verifikator Dinas, kemudian mengirimkan file pdf SPTJM bermaterai, daftar usulan dan infogtk yang sudah ditandatangani dan di cap sekolah sesuai dengan petunjuk yang akan disampaikan pada surat edaran Kepala Dinas berikutnya.

            Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ibu Erika, S.Kom, M.Si (HP.081367444930). Demikian, atas perhatian Saudara diucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s